Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh Jum’at 7 Mei 2024, melaksanakan Kegiatan Konseling kepada ASN Disdukcapil dalam rangka “Mengenal dan Mengelola Stres Dengan Bijak”. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disdukcapil (Dra. Emila Sovayana, M.Si) dan pemateri pada kegiatan ini Ibu Hanna Amalia, M.PSI. Psikolog yang merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, dan sekaligus menjadi psikolog pendamping pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh.

Kepala Disdukcapil menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua ASN Disdukcapil dapat mengelola stres dalam pelaksanaan tugas dan fungsi melalui energi yang positif.

Ibu Hanna mengatakan salah satu pemicu stres pegawai yang sering terjadi di perkantoran karena adanya konflik dengan teman kerja dan pimpinan ataupun disebabkan oleh beberapa hal lain seperti pasangan, keluarga, ekonomi dan lingkungan lain. Sehingga stres yang timbul akan berdampak pada penurunan kinerja, konflik dengan teman kerja maupun pimpinan, kesehatan, serta gangguan mental lainnya seperti gangguan tidur dan depresi. Ibu Hanna mengatakan semua pegawai harus dapat mengenali gejala stres yang terjadi dan bisa meredakan stres diantaranya dengan melakukan relaksasi, istirahat cukup, olah raga, berbicara dengan orang lain dan melakukan hobi.

Lebih lanjut pada kegiatan di hari tersebut ASN Disdukcapil diajak untuk melakukan beberapa teknik relaksasi seperti pelukan kupu-kupu (butterfly hugs), relaksasi otot progresif, dan pernapasan dengan 5 jari (5 fingers breathing).

Di akhir kegiatan kepala dinas menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ASN di Lingkungan Disdukcapil khususnya dalam mengelola stres, dimana setiap harinya pegawai Disdukcapil selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai macam karakter, interaksi dengan teman kerja maupun pimpinan, sehingga stres bagi pegawai bisa saja terjadi.

Kepala dinas juga berharap dengan adanya kegiatan ini pegawai juga sudah dapat mengelola stres secara pribadi dan setiap saat bisa melakukan relaksasi dengan teknik-teknik yang sudah diajarkan oleh Ibu Hanna. Semoga di masa mendatang kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan bagi pegawai di Lingkungan Disdukcapil Kota Banda Aceh