Tupoksi

Tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan urusan ketatausahaan.
  2. Penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang.
  3. Perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.
  4. Penyelenggaraan tugas di bidang kependudukan dan pencattan sipil termasuk perizinan dan pelayanan umum.
  5. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.
  6. Pelayanan informasi kependudukan dan pencatatan sipil.
  7. Pengelolaan data kependudukan dan pencatatan sipil yang berskala Kota.
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.
  9. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Untuk menyelenggarakan fungsi sebagaimana tersebut diatas Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai kewenangan :

  1. Melaksanakan koordinasi penyelengaraan kependudukan dan pencatatan sipil.
  2. Menyusun petunjuk teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  3. Membina dan mealkukan sosialisasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil
  4. Melimpahkan sebagian tugas kepada kecamatan dan gampong untuk menyelenggarakan urusan administrasikependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas tugas pembantuan.
  5. Menerbitkan dokumen atau akta di bidang Kependudukan dan pencatatan sipil.
  Copyright © Pemerintah Kota Banda Aceh - 2013
Info :
    Saran dan kritik anda mohon disampaikan kenomor 08116815919    Anda ingin cepat dilayani?...Gunakan pengambilan nomor antrian online diwebsite disdukcapil.bandaacehkota.go.id